Badan Kepegawaian Daerah

Pemerintah Kabupaten Madiun

Bootstrap Example

7 Tahapan Seleksi Kompetensi Dasar CPNS

Mejayan – Ada 7 tahap yang harus dilalui oleh calon peserta tes CPNS tahun 2018. Tahapan-tahapan yang disiapkan oleh panitia seleksi tingkat nasional diharapkan meningkatkan ketertiban dan kelancaran pelaksanaan tes.

Pertama, registrasi. Peserta dipanggil satu persatu untuk dilakukan pemeriksaan identitas, foto, Kartu Ujian dan memastikan kelengkapan yang bisa dibawa ke ruang ujian.

Kedua, penitipan barang. Demi tertibnya proses tes CPNS semua barang milik peserta tidak diperkenankan dibawa masuk ke dalam ruang ujian. Panitia menyediakan tempat penitipan dan peserta hanya diperkenankan membawa KTP, kartu peserta dan pensil.

Ketiga, metal detector. Setelah semua barang dititipkan, peserta harus melewati pengecekan dengan metal detektor dan pengecekan fisik seluruh badan. Cek fisik dilakukan dengan melakukan penggeledahan oleh petugas khusus dari BKD dan Satpol PP secara terpisah antara putra dan putri.

Keempat, barcode dan PIN. Pengecekan Barcode dilakukan untuk mencocokkan keaesuaian data-data calon peserta secara elektronik. Petugas melakukan pengecekan secara langsung kesamaan foto, formasi yang dipilih dan data-data lain yang dibutuhkan.

Untuk PIN, panitia mengakses dari pusat. PIN yang berhasil diakses, diberikan kepada peserta untuk login ke laptop yang akan digunakan masing-masing peserta. Tanpa pin dari panitia seleksi, peserta tidak akan bisa login dan membuka soal tes.

Kelima, pengarahan. Pengarahan dilakukan oleh panitia seleksi dari Badan Kepegawaian Negara terkait teknis pelaksanaan ujian, mulai dari login, pengisian jawaban, pembetulan jawaban, skor dan cara mengakhiri tes.

Keenam, pelaksanaan ujian yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum dan Tes Karakter Pribadi yang keseluruhan terdiri dari 100 soal dan harus diselesaikan dalam jangka waktu 90 menit.

Ketujuh, hasil ujian. Hasil ujian selain bisa langsung diketahui oleh peserta melalui layar laptop masing-masing, panitia seleksi menyediakan layar display 70 inci untuk mengetahui hasil tes secara Real Time yang memuat seluruh peserta dan nilai dari seluruh materi tes pada sesi yang sedang berlangsung.

Selain ditampilkan di layar display, panitia juga menyediakan print out yang ditempel di papan-papan yang telah disediakan untuk bisa dilihat oleh peserta maupun masyarakat.