Badan Kepegawaian Daerah

Pemerintah Kabupaten Madiun

Bootstrap Example

Sidak Hari Pertama Masuk Kerja

Mejayan – Kepala BKD Kabupaten Madiun Ibu Endang Setyowati, SH., MM. menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Madiun pada hari pertama masuk kerja setelah libur Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah.

BKD Kabupaten Madiun merangkul para Pejabat Eselon II, Eselon III dan Eselon IV yang menangani masalah kepegawaian dan disiplin pegawai diantaranya Asisten Administrasi Umum, Inspektur Kabupaten Madiun, Kepala Bakesbangpoldagri, Inspektur dan Kepala Satpol PP. Tim pemantauan tingkat kehadiran PNS di lingkup Kabupaten Madiun setelah pelaksanaan Cuti Hari Raya Idul Fitri 1439 H dibagi dalam 6 tim.

Tim pertama dipimpin Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Madiun drg. Farid Dimyati bersama Sekretaris BKD Kabupaten Madiun, pejabat Inspektorat, pejabat Satpol PP dan seorang staf BKD Kabupaten Madiun mendampingi Bapak Wakil Bupati Madiun dalam melaksanakan pemantauan kehadiran PNS di lingkup Pusat Pemerintahan Kabupaten Madiun di Mejayan, Satpol PP, BKD, Badan Pendapatan Daerah, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, BPKAD, Inspektorat, Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan, Kecamatan Mejayan dan Dinas PUPR.

Tim kedua terdiri dari Inspektur Kabupaten Madiun bersama Kepala BKD Ibu Endang Setyowati, SH., MM., Kabid Mutasi BKD, seorang pejabat BKD, seorang pejabat dari Satpol PP dan seorang staff BKD Kabupaten Madiun mendampingi Bapak Sekretaris Daerah Ir. Tontro Pahlawanto dalam melaksanakan pemantauan kehadiran PNS di wilayah Kota Madiun meliputi area Pendopo Muda Graha, Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil, Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro, Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Bakesbangpoldagri, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Dinas Pertanian dan Peternakan, Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Komunikasi dan Informatika.

Tim ketiga terdiri dari Kepala Bakesbangpoldagri Kabupaten Madiun Drs. Agus Budi Wahyono, M.Si. didampingi seorang pejabat Inspektorat, Sekretaris Satpol PP, dua orang pejabat BKD dan seorang staf BKD Kabupaten Madiun untuk memantau kehadiran PNS di wilayah barat yang meliputi Dinas Tenaga Kerja, BPBD, DPPKBPPPA, Dinas Kesehatan, Kecamatan Jiwan dan Puskesmas Klagen Serut.

Tim keempat terdiri dari Sekretaris Inspektorat didampingi seorang seorang pejabat Inspektorat, dua pejabat BKD dan seorang staf BKD untuk memantau kehadiran PNS di Kecamatan Wungu, Dinas Sosial, Kecamatan Kare, Kecamatan Gemarang dan Kecamatan Saradan.

Tim kelima terdiri dari dua orang pejabat Inspektorat, seorang pejabat BKD dan 2 orang staf BKD Kabupaten Madiun untuk melaksanakan pemantauan kehadiran PNS di wilayah selatan meliputi Kecamatan Dagangan, Kecamatan Geger, Kecamatan Kebonsari dan Kecamatan Dolopo.

Tim keenam terdiri dari Kepala Satpol PP Supriyadi, AP. M.Si., seorang pejabat Inspektorat, dua orang pejabat BKD dan 2 orang staf BKD yang bertugas untuk memantau kehadiran PNS di Kecamatan Madiun, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kecamatan Sawahan, Kecamatan Balerejo, Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga dan Dinas Lingkungan hidup.

Tugas dari setiap tim adalah melakukan pengecekan ulang kehadiran PNS dengan mencocokkan daftar hadir dengan seluruh PNS yang betul-betul, menghimpun daftar hadir PNS dan merekap hasil pemantauan kehadiran PNS sebagaimana format yang sudah ditentukan.

Kepala BKD Kabupaten Madiun Ibu Endang Setyowati, SH., MM. mengatakan bahwa sidak tidak dilakukan untuk menemukan orang-orang yang melakukan pelanggaran akan tetapi melakukan pengecekan tingkat kedisiplinan dan kepatuhan PNS terhadap aturan-aturan yang berlaku dan yang lebih penting adalah memastikan bahwa layanan publik langsung bisa dilaksanakan setelah libur Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah.

Biasanya pemantauan kehadiran PNS di lingkup Kabupaten Madiun dibarengkan dengan kegiatan halal bihalal pada hari pertama masuk kerja, tapi karena halal bihalal dilaksanakan pada hari kedua setelah libur lebaran maka pemantauan kehadiran PNS dilakukan pada hari pertama masuk kerja tanpa menunggu pelaksanaan halal bihalal PNS Kabupaten Madiun dengan Bupati H. Muhtarom, S.Sos.

Hasil pemantauan tingkat kehadiran PNS di Kabupaten Madiun ini akan langsung dilaporkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi melalui aplikasi SiDina. Aplikasi SiDina adalah aplikasi Sistem Informasi Kehadiran ASN Nasional yang dibangun oleh Kemenpan RB untuk memantau kehadiran ASN di tingkat nasional secara langsung.