Mejayan – Akhirnya Pemerintah Kabupaten Madiun menyerahkan Surat Keputusan pengangkatan Tenaga Harian Lepas yang berstatus CPNS menjadi Pegawai Negeri Sipil. Surat Keputusan pengangkatan CPNS menjadi PNS diserahkan langsung oleh Bupati Madiun Muhtarom, S.Sos. Senin, 7 Mei 2018 pada apel pagi di halaman Pusat Pemerintahan Kabupaten Madiun.

Dalam sambutannya, Bupati Madiun menyampaikan, “Dengan diserahkannya surat keputusan ini maka status kepegawaian yang dulu sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil dan masih dalam masa percobaan atau masa prajabatan, sekarang telah menjadi Pegawai Negeri Sipil sepenuhnya.”

Tahun 2017 Pemerintah Republik Indonesia mengeluarkan kebijakan pengangkatan CPNS dari tenaga harian lepas dan tenaga bantu penyuluh pertanian dalam rangka mewujudkan nawacita dan mendukung rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional, dimana sektor pertanian adalah salah satu pendukung utama pembangunan indonesia.

Penyuluh pertanian memiliki peran besar dalam mewujudkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Madiun tahun 2013 – 2018 dimana salah satu misi utamanya adalah peningkatan perekonomian rakyat berbasis agro dan berwawasan bisnis

Pengangkatan CPNS Penyuluh Pertanian menjadi Pegawai Negeri Sipil ini melekat beban tugas mulia menjaga Kabupaten Madiun lebih sejahtera melalui keberhasilan dalam sektor pertanian. Dengan status PNS yang baru disandang ini para penyuluh pertanian dituntut meningkatkan kualitas kinerja, loyalitas kepada pimpinan, penegakan disiplin dan profesionalisme dalam melaksanakan tugas.

Diingatkan pula bahwa semua tugas akan terukur dan diharapkan dapat dipertanggung jawabkan secara akuntabel dengan dukungan komitmen pemerintah dalam modernisasi aparatur birokrasi yang profesional dan standar kompetensi yang tepat berdasarkan manajemen ASN dengan sistem merit.

Dalam sambutannya, Bupati Madiun mengingatkan beratnya tugas penyuluh pertanian, “Semua pekerjaan itu berat. Jangan dibayangkan jadi PNS itu enak, justru menjadi PNS memiliki tugas yang lebih besar. Para petani di Kabupaten Madiun menunggu peran njenengan untuk meningkatkan produktivitas. Penyuluh pertanian harus mampu memotivasi petani agar memiliki orientasi bisnis supaya bisa bersaing dengan produk-produk industri. Selama ini dimana ada hamparan pertanian yang luas, disitulah kantong-kantong kemiskinan.”

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Madiun Ibu Endang Setyowati, SH.,MM. mengingatkan bahwa untuk menyandang status PNS seseorang harus melewati proses yang panjang dan berliku, untuk itu setelah menjadi PNS harus menunjukkan kinerja yang bagus, menjaga disiplin pns, kreatif dan inovatif agar bisa memberikan sumbangsih bagi kemajuan Pemerintah Kabupaten Madiun