Selain menjadi bulan peningkatan keimanan dan ketaqwaan umat Islam, Ramadhan juga saat yang sangat tepat dimanfaatkan untuk berbagi dengan sesama yang membutuhkan. Anak yatim adalah bagian masyarakat yang membutuhkan uluran tangan terutama di saat menjelang datangnya Hari Raya Idul Fitri, apalagi setelah Hari Raya Idul Fitri anak-anak usia sekolah akan memasuki tahun ajaran baru.

Buka puasa bersama yang menjadi agenda tahunan setiap bulan Ramadhan di BKD dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk memberikan santunan dan bantuan untuk anak-anak yatim yang dirasa betul-betul membutuhkan.

Bertempat di kantor BKD komplek Pusat Pemerintahan Kabupaten Madiun hari Kamis, 15 Juni 2017 bersama seluruh karyawan Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Madiun berkumpul 21 anak yatim dari empat SD di wilayah Kecamatan Mejayan dan Kecamatan Wonoasri melaksanakan kegiatan buka bersama dalam nuansa kekeluargaan. Dalam kesempatan itu diserahkan santunan kepada semua anak yatim yang diundang berupa alat tulis untuk keperluan sekolah dan uang saku.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Madiun, Ibu Endang Setyowati, SH., MM. dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas partisipasi seluruh karyawan dan karyawati BKD dalam kegiatan buka bersama dengan anak yatim sehingga berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Ibu kepala BKD menambahkan bahwa sesungguhnya mereka yang menyayangi anak yatim akan terhimpun sekian banyak kelembutan dan di dalam hatinya, akan segala kebutuhannya akan terpenuhi.

Disampaikan juga pesan kepada anak-anak yatim agar tetap semangat dan optimis menyongsong masa depan meskipun tidak lagi bersama keluarga yang lengkap. Guru, teman, kerabat bahkan orang-orang yang sebelumnya belum dikenal sebagaimana karyawan-karyawati BKD adalah orang-orang yang diciptakan Allah untuk menemani sebagian perjalanan hidup mereka dalam menggapai kesuksesan di masa depan.

Dalam ceramahnya, KH Sodiqul Anam dari Kementrian Agama Kabupaten Madiun membeberkan dengan singkat dan padat hikmah puasa dan keutamaan anak yatim bagi orang-orang beriman. Sesungguhnya bagi orang beriman, anak yatim adalah sumber pahala yang besar. Rasulullah sendiri menjanjikan orang-orang yang menyayangi anak yatim akan bersama beliau di Surga ibarat dua jari tangan yang berhimpit bersebelahan, belum lagi maqbulnya doa tulus seorang anak yatim. Diingatkan juga, agar jangan berharap doa yang tulus dari anak yatim jika tidak memberikan kasih sayang yang tulus kepada mereka.

Kepada para anak yatim, disampaikan pentingnya mereka menemukan orang-orang yang baik di sekitarnya, karena mereka akan bisa menjadi penolong yang akan menggantikan peran orang tua kandung yang telah tiada, menemani saat sepi sendiri, menghibur kala duka, menyemangati dikala putus asa dan memandu kala kehilangan arah.

Kegiatan buka bersama diakhiri dengan doa anak yatim, sholat jamaah dan makan bersama. Semoga Allah melapangkan rejeki kita, memanjangkan umur kita dan diberikan kesempatan bersua kembali dengan Ramadhan tahun depan, diberikan kesempatan berbuka puasa lagi bersama anak-anak yatim dan memberikan kepada mereka yang lebih baik dari yang kita berikan tahun ini. Aamiin.

Categories: BERITA UMUM

Comments are closed.