Pembaharuan data kepegawaian pada aplikasi SIMPEG

Caruban – BKD Kabupaten Madiun menyelenggarakan kegiatan pembaruan data dalam Sistem Informasi Manajemen Pegawai Online dengan menghadirkan pengelola kepegawaian di setiap Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Madiun.

Kegiatan dilaksanakan di Ruang Rapat BKD Kabupaten Madiun Jalan Alun-alun Timur Nomor 1 Caruban dengan dipandu oleh tim IT BKD.

Untuk lebih teliti dalam pemutakhiran data dan lebih maksimal dalam memberikan panduan kepada pengelola kepegawaian, setiap hari BKD mengundang 4 – 5 OPD.

Dijadwalkan sampai dengan pertengahan april untuk menyelesaikan pemanggilan semua pengelola kepegawaian OPD.

Pemutakhiran data dalam Sistem Informasi Manajemen Pegawai Online adalah proses input data PNS yang mengalami perubahan.

“Pemutakhiran data PNS sesungguhnya adalah kewajiban masing-masing PNS guna memudahkan layanan-layanan kepegawaian bagi PNS di Kabupaten Madiun. Salah satu tujuan kegiatan ini dilaksanakan adalah untuk memastikan bahwa semua perubahan data sudah masuk dalam SIMPEG Online.” Demikian ungkap Candra Widyawati, S.Kom., M.Si.

Candra Widyawati, S.Kom., M.Si. menambahkan, “Kami terus mengembangkan SIMPEG online dengan menambahkan menu-menu yang baru untuk melengkapi data pegawai. Untuk itu kami harus memastikan semua data masuk dengan lengkap.”

Dalam beberapa kesempatan Sekretaris BKD Kabupaten Madiun Sigit Budiarto, S.Sos., M.Si. menegaskan bahwa SIMPEG adalah sentral data PNS Kabupaten Madiun yang akan digunakan untuk berbagai layanan strategis bagi PNS.

Layanan berbasis data pegawai di Kabupaten Madiun diantaranya adalah Kenaikan Pangkat, Pensiun, Penempatan Pegawai, Promosi, Diklat, Layanan BPJS, Layanan Taspen, Tunjangan Keluarga, Penghargaan Bagi PNS, dan semua layanan kepegawaian yang lainnya.

“Jika semua data selalu update, layanan Kepegawaian akan semakin cepat dan mudah. Hal ini dikarenakan layanan sudah berbasis elektronik dengan memanfaatkan database kepegawaian di SIMPEG untuk mengoptimalkan layanan” Demikian ungkap Nur Aini Hanik, S.H. Kepala Bidang Pembinaan, data dan Kesejahteraan Pegawai.