Ingat! Kedisiplinan Adalah Kunci Kesuksesan

Caruban – Pembahasan masalah kedisiplinan tidak pernah berakhir di semua sisi kehidupan. Demikian juga dalam lingkup pemerintahan. Kepala BKD Kabupaten Madiun Endang Setyowati, S.H., M.M. mengingatkan agar kewajiban yang terkait jam kerja ditaati mulai dari kewajiban masuk jam kerja, kewajiban apel pagi, pelaksanaan pekerjaan, apel siang dan kepulangan.

Kepala BKD membahas masalah kedisiplinan ini pada saat pelaksanaan rapat staf BKD Kabupaten Madiun, Rabu 16 Januari 2019 di Ruang Rapat BKD Kabupaten Madiun Jalan Alun-alun Timur Nomor 1 Caruban.

Kepala BKD juga mengungkapkan masalah disiplin berpakaian. Khusus masalah disiplin berpakaian sempat disoroti Wakil Bupati Madiun Hari Wuryanto, S.E., M.Ak. saat pelaksanaan sidak hari pertama masuk kerja tahun 2019 pada tanggal 2 Januari 2019.

Sekretaris BKD Kabupaten Madiun Sigit Budiarto, S.Sos., M.Si. menegaskan bahwa Kedisiplinan pakaian mulai dari baju, sepatu, hijab dan atribut juga harus digunakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Bukan hanya lengkap saat menggunakan, tapi harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku.” Demikian disampaikan Sigit Budiarto, S.Sos., M.Si.

Kepala Bidang Pembinaan, Data dan Kesejahteraan Pegawai BKD, Nur Aini Hanik, S.H. menyampaikan bahwa kedisiplinan menjadi komitmen Bapak Bupati Madiun, Wakil Bupati Madiun, Sekretaris Daerah Kabupaten Madiun dan para Asisten Sekda.

“Tanggung jawab pembinaan kedisiplinan seorang PNS ada pada atasannya. Diharapkan agar setiap atasan tidak merasa canggung, ewuh pekewuh atau sungkan dalam melakukan pembinaan kepada bawahannya. Dengan demikian diharapkan akan meningkatkan kedisiplinan.” Demikian kata Nur Aini Hanik, S.H.

Tidak ada salahnya jika dikatakan orang-orang yang sukses adalah mereka yang berhasil membangun kedisiplinan di dalam diri mereka pribadi. Disiplin menjadi gaya hidup untuk orang-orang yang sukses.

“Camkan ini. Kedisiplinan adalah kunci kesuksesan.” Demikian tambah Kepala BKD Kabupaten Madiun.

Sigit Budiarto, S.Sos., M.Si. juga mengingatkan agar PNS di lingkungan BKD bisa menjadi contoh bagi penerapan disiplin di Kabupaten Madiun, termasuk di dalamnya masalah pakaian dinas.

“Jangan sungkan-sungkan menegur dan mengingatkan PNS yang tidak disiplin. Itu adalah tugas kita sebagai bagian dari BKD Kabupaten Madiun. Ingatkan PNS yang melanggar kedisiplinan meskipun itu kepala OPD.” Demikian Sigit Budiarto, S.Sos. M.Si. katakan dengan semangat.

Menyambung apa yang disampaikan Sigit Budiarto, S.Sos., M.Si., Kepala BKD menambahkan penegasan.

“Apa yang disampaikan Pak Sigit tadi benar sekali. Batu bisa diluluhkan dengan tetesan air. Semoga yang masih melanggar aturan kesisiplinan, dapat segera menyesuaikan dan mentaati segala aturan kepegawaian yang berlaku.” Demikian tambah Kepala BKD.

“Jika tidak bisa merubah diri, buka hati… Itu semua adalah tanggung jawab kita.” Demikian kata akhir Kepala BKD Kabupaten Madiun mengakhiri pembahasan kedisiplinan.