Kunjungan Mendadak Bupati Madiun ke Kantor BKD

Mejayan – Setelah dilantik menjadi Bupati Madiun bersama pasangannya oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo pada hari Senin, 24 September 2018 di Gedung Negara Grahadi Surabaya Ahmad Dawami Ragil Saputro, S.Sos. dan Hari Wuryanto, SH., M.Ak segera melaksanakan tugas-tugasnya.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo dalam sambutannya meminta kepada pasangan Bupati dan Wakil Bupati Madiun Haji Ahmad Dawami dan Haji Hari Wuryanto segera mewujudkan janji-janji politik yang telah diucapkan.

Sementara Kaji Mbing panggilan akrab Ahmad Dawami menyatakan, setelah dilantik beliau ingin langsung bekerja. Sebagai langkah awal, beliau ingin memperbaiki konstruksi birokrasi pemerintahan di Kabupaten Madiun agar seluruh pekerjaan pembangunan dapat berjalan lancar.

Langkah cepat Kaji Mbing diwujudkan dengan dilaksanakannya apel bersama dengan PNS di seluruh OPD pada hari Selasa 25 September 2018 di halaman Pendopo Ronggo Djoemeno Kabupaten Madiun di Mejayan.

Setelah apel, Kaji Mbing dan Hari Wuryanto menerima ucapan selamat dari seluruh PNS peserta apel dilanjutkan sarapan pecel bersama di dalam Pendopo Ronggo Djoemeno.

Tidak mau melewatkan kesempatan yang ada, Bupati dan Wakil Bupati Madiun memanfaatkan agenda sarapan bersama untuk memperkenalkan diri sekaligus melakukan dialog secara langsung untuk menampung masukan-masukan dari PNS yang hadir.

Pukul 13.40 Bapak Bupati hadir di kantor BKD Kabupaten Madiun Jalan Alun-alun Timur Nomor 1 Mejayan. Kunjungannya yang mendadak sempat mengejutkan karyawan-karyawati BKD yang sedang bekerja.

Kaji Mbing memasuki ruangan-ruangan di kantor BKD sambil bertanya ringan, “Masih pada sibuk bekerja?” dan dijawab serentak oleh karyawan karyawati BKD, “Enggih Pak Bupati.”

Bupati Madiun didampingi dua ajudannya tampak antusias mendengarkan penjelasan pejabat-pejabat BKD yang memandu beliau berkeliling hampir ke semua ruangan.

Salah satu ruangan yang menarik Bapak Bupati adalah Ruang Data yang bersebelahan dengan Bidang Pembinaan, Data dan Kesejahteraan Pegawai. Didampingi pejabat dari BKD, pria 41 tahun ini melihat keberadaan tempat penyimpanan arsip fisik seluruh PNS Kabupaten Madiun.

Beliau pun meminta membukakan lemari penyimpanan arsip / roll pack untuk melihat penataan map file yang tersimpan. Sudut demi sudut ruangan tidak luput dari perhatiannya.
Melihat beberapa petugas yang sedang merapikan map file, beliau bertanya, “Tiap hari kerja di sini? Amankah ruangan ini ?”

Kasubbid Data dan Kesejahteraan Pegawai Candra Widyawati, S.Kom., M.Si. menjelaskan, “ Saat ini Kami sedang melakukan penataan ulang map file agar lebih rapi dan mudah pencariannya. Ruang ini dilengkapi AC yang selalu menyala untuk menjaga suhu ruangan agar tidak lembab.”

Setelah berbincang ringan dengan karyawan BKD, orang nomor 1 di Kabupaten Madiun ini pun menuju mobilnya dengan diantar pejabat dan karyawan BKD. Sebelum meninggalkan BKD beliau mengatakan, “Saya ga sidak ya, cuma ingin dolan saja.”