Pendidikan Karakter Bagi PNS, Pemkab Madiun Hadirkan Cak Nun – Badan Kepegawaian Daerah

Pendidikan Karakter Bagi PNS, Pemkab Madiun Hadirkan Cak Nun

Mejayan – Bupati Madiun H. Ahmad Dawami Ragil Saputro, S.Sos. dan Wakil Bupati Hari Wuryanto, S.E., M.Ak. mewujudkan birokrasi Pancasila di Kabupaten Madiun dengan peletakan dasar-dasar karakter Pancasila. Bupati Madiun bersama wakilnya mengawali perjalanan 5 tahun masa pemerintahannya dengan langkah-langkah riil untu memperbaiki birokrasi yang ada.

Pendidikan Karakter Dasar PNS Menuju Birokrasi Pancasila yang menjadi tag line Bupati Madiun diawali dengan latihan dasar bagi jajaran pimpinan Kabupaten Madiun di Pusat Latihan Pasukan Pendarat Komando Latih Korps Marinir (Puslatpasrat Kolatmar) di Gunungsari Surabaya mulai Kamis 1 Nopember 2018 sampai Minggu 4 Nopember 2018.

Tak tanggung-tanggung dalam pelaksanaan programnya, semua jajaran pimpinan wajib mengikuti tanpa kecuali, termasuk Bupati Madiun dan Wakil Bupati Madiunpun ikut terlibat menjadi peserta Diklatsar ini.

Latihan-latihan fisik yang dilakukan selama Diklat untuk membentuk karakter disiplin dan kebersamaan agar terbangun kepedulian yang sama dalam mewujudkan pembangunan Kabupaten Madiun yang Aman, Mandiri, Sejahtera dan Berakhlak.

Tahap selanjutnya, Bupati Madiun menghadirkan Emha Ainun Najib bersama Kyai Kanjeng untuk memberikan pencerahan secara spiritual kepada jajaran pimpinan beserta seluruh pejabat struktural di Kabupaten Madiun dengan tajuk Sinau Bareng Cak Nun dan Kyai Kanjeng.

Kegiatan yang dilaksanakan Rabu, 7 Nopember 2018 pukul 19.00 bertempat di Pendopo Ronggo Djoemeno Kabupaten Madiun di Mejayan ini sengaja dikhususkan hanya untuk jajaran internal pejabat struktural lingkup Pemkab Madiun. Namun tidak dapat dipungkiri antusiasme masyarakat umum yang tergabung dalam jamaah ma’iyah memaksa acara tersebut memberikan tempat bagi mereka. Terlihat puluhan jamaah ma’iyah ikut duduk di karpet pendopo yang sudah disiapkan panitia.

Dalam sambutannya, Bupati Madiun mengatakan bahwa untuk mencapai visi misi kabupaten madiun harus didukung komitmen, loyalitas dan semangat kebersamaan dari seluruh jajaran pejabat OPD. Visi misi yang sebelumnya adalah visi misi bupati dan wakil bupati terpilih, maka untuk saat ini sudah menjadi visi misi Pemkab Madiun yang harus didukung dan diwujudkan oleh seluruh jajaran ASN lingkup Pemkab Madiun.

Apa yang sudah dituangkan dan digariskan dalam visi misi tersebut harus senantiasa dijadikan pedoman dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Hal-hal yang bertentangan dengan visi misi maka harus dapat dihindari.

Cak Nun dalam sepanjang ceramahnya mengajak PNS untuk taat pada aturan yang berlaku dan taat pada perintah atasan. Sebagai seorang manusia, satu-satunya ketaatan hanya kepada Allah saja, dan dalam kehidupan bernegara, ketaatan kita hanya kepada Undang-undang yang berlaku.

Cak Nun juga menegaskan pentingnya kebersamaan dalam mewujudkan Kabupaten Madiun yang Aman, Mandiri, Sejahtera dan Berakhlak. Perbedaan tugas dan kewajiban yang kita emban seharusnya mengarah pada pencapaian tujuan akhir bersama yang tertuang dalam Visi dan Misi Bupati Madiun lima tahun ke depan itu.

Ketika menyadari bahwa tujuan akhirnya adalah terwujud Visi Misi Kabupaten Madiun yang Aman, Mandiri, Sejahtera dan Berakhlak, maka setiap perbedaan akan mengisi ruang-ruang yang belum terisi, sehingga menjadi satu kesatuan yang kuat dalam mencapai tujuan bersama.