Visitasi Peserta Diklatpim IV ke PT Taspen (Persero)

Caruban – Setelah melaksanakan kegiatan Visitasi Pilar-Pilar Kebangsaan untuk menambah wawasan kebangsaan dan patriotisme, Peserta Diklatpim IV angkatan IV melaksanakan visitasi untuk menambah pengetahuan peserta tentang Etika Layanan Publik ke PT Taspen (Persero) Cabang Madiun, Kamis 21 Februari 2019.

Panitia memilih PT Taspen sebagai tempat visitasi karena dianggap mampu melakukan banyak terobosan untuk memaksimalkan layanan kepada para nasabahnya.

PT Taspen telah bekerjasama dengan jaringan perbankan Nasional dalam pencairan dana Pensiun bagi PNS yang telah purna tugas. PT Taspen (Persero) juga bekerjasama dengan gerai-gerai ternama yang memungkinkan para pensiunan berbelanja dengan lebih murah.

Tercatat terobosan PT Taspen terkait enrollment yang memungkinkan para pensiunan untuk tidak harus melakukan pencairan dana pensiun mereka ke Bank-bank yang menjadi mitra Taspen. Para pensiunan cukup mengakses pencairan dana pensiun melalui gawai masing-masing dengan melalui identifikasi iris mata, suara dan sidik jari. Dana pensiun langsung masuk rekening yang bersangkutan. Untuk pengambilan dana bisa melalui fasilitas ATM bank yang terdekat.

Dari sisi SDM, PT Taspen (Persero) mampu memaksimalkan 22 karyawan dan karyawati untuk melayani seluruh PNS dan pensiunan di Kabupaten dan Kota se Eks-Karesidenan Madiun.

Hal tersebut ditegaskan kembali dalam sambutan Sri Diwa Mukariwati Kepala Bidang Umum dan SDM. Sri Diwa mewakili Yonpizera kepala PT Taspen Persero Cabang Madiun yang sedang mengikuti Taspen Eksekutif Meeting di Jakarta.

Sri Diwa menjelaskan materi standar etika publik yang telah diaplikasikan di PT Taspen (Persero) yang meliputi semua lini SDM mulai OB, Security-nya hingga pimpinan mulai ketentuan ketentuan pakaian, penampilan, tutur kata hingga sikap saat bekerja dan melayani para nasabah.

Presentasi Sri Diwa dilanjutkan penyampaian materi layanan Taspen oleh Riyanta Widyaka Kabid Layanan dan Pemasaran PT Taspen Persero Cabang Madiun yang menjelaskan semua produk dan layanan yang diberikan tidak saja kepada PNS yang sudah memasuki masa purna tugas, tapi juga kepada PNS yang masih aktif bekerja.

Dalam sambutan DR. Djony Harijanto Wisyaiswara Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Timur selaku pimpinan rombongan peserta diklatpim IV Angkatan IV disampaikan bahwa adanya kesamaan tugas layanan publik antara para peserta Diklatpim IV dengan PT Taspen Persero diharapkan muncul sharing, caring dan inspiring diantara peserta dengan PT Taspen Persero Cabang Madiun.

DR. Djony Harijanto juga menyampaikan ada 4 fokus yang harus dimiliki oleh siapapun jika ingin sukses dalam era revolusi 4.0 yaitu producing, Quality, improvement dan costumer Service. Sementara untuk bisa kompetitif harus ada peningkatan produktivitas, efisiensi dan efektivitas.

Setelah paparan di dalam ruangan, seluruh peserta visitasi diberikan kesempatan untuk melihat langsung penerapan etika publik PT Taspen Persero Cabang Madiun di setiap ruang kerja karyawan hingga ruang layanan Nasabah. Dialog antara peserta visitasi dengan karyawan PT Taspen tampak mewarnai setiap ruangan yang dikunjungi.

Dengan pola semacam ini diharapkan peserta bisa mengambil nilai positif tentang etika layanan publik lebih maksimal untuk diterapkan di Organisasi Perangkat Daerah masing-masing sehingga menghasilkan kepuasan bagi masyarakat luas.