Pembekalan Bagi PNS Yang Akan Memasuki Purna Tugas.

Caruban – BKD Kabupaten Madiun memberi pembekalan bagi PNS yang akan memasuki masa purna tugas periode 2019 s.d. 2020. Untuk pelaksanaan kegiatan ini BKD Kabupaten Madiun bekerjasama dengan PT Taspen Persero Cabang Madiun dan Bank Mantap Cabang Madiun.

PT Taspen Persero Cabang Madiun adalah Mitra Pemerintah dalam pengelolaan dana pensiun bagi PNS sekaligus pengelolaan dana asuransi PNS. PT Taspen juga mengelola program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian bagi PNS.

Sementara Bank Mantap adalah anak perusahaan PT Taspen yang juga bertindak sebagai mitra PT Taspen dalam pencairan dana pensiun bagi PNS yang memasuki purna tugas. Dengan peran dan posisi sebagai anak perusahaan PT Taspen, Bank Mantap memberikan banyak kemudahan bagi para pensiunan.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Rabu, 27 Februari 2019 di Rumah Makan Ayam Goreng Pemuda Madiun ini dihadiri para pejabat teras BKD Kabupaten Madiun, PT Taspen Persero Cabang Madiun dan Bank Mantap Cabang Madiun.

Dari BKD hadir Kepala BKD Kabupaten Madiun Endang Setyowati, S.H., M.M., Sekretaris BKD Sigit Budiarto, S.Sos., M.Si, Kepala Bidang Pembinaan, Data dan Kesejahteraan Pegawai Nur Aini Hanik, S.H., Kasubbid Data dan Kesejahteraan Pegawai Candra Widyawati, S.Kom., M.Si., Kasubbid Pembinaan dan Pemberhentian Tosin, S.H., Kasubag Umum dan Kepegawaian Sulistyowati, S.Sos., M.Si. dan Kasubid Mutasi Jabatan Hestu Wiradriawan, S.H.

Sementara dari PT Taspen hadir Kepala Cabang PT Taspen Yonpizera, Kabid Pelayanan dan Pemasaran Riyanta Widyaka, Kepala Bidang Umum dan SDM Sri Diwa Mukariwati dengan beberapa Staf. Dari Bank Mantap hadir Kepala Cabang Bank Mantap Kediri, Kepala Cabang Pembantu Bank Mantap Madiun dan 7 orang staf lainnya.

Pembekalan yang dihadiri 57 PNS yang akan memasuki purna tugas ini diharapkan memberi wawasan bagi PNS yang akan memasuki masa purna tugas, sehingga diharapkan segera beradaptasi dengan aktivitas yang baru dan tidak ada lagi kebingungan dalam mengisi masa pensiun termasuk kebingungan terkait hak-hak selaku pensiunan PNS.

BKD Kabupaten Madiun, PT Taspen (persero) Cabang Madiun dan Bank Mantap Cabang Pembantu Madiun masing-masing memberikan pengarahan sesuai dengan peran lembaganya sehingga diharapkan PNS yang akan memasuki purna tugas betul-betul siap menatap hari-hari yang akan dilalui setelah tidak lagi menyandang status sebagai PNS.

Dalam kesempatan ini, selain pembekalan bagi PNS yang akan memasuki masa purna tugas, juga dilakukan perekaman sidik jari, iris mata dan suara untuk keperluan enrollment. Dari 57 orang yang hadir, perekaman dilakukan kepada 48 orang, sisanya telah melakukan perekaman secara mandiri di PT Taspen.

Dengan program enrollment PT Taspen (persero) memungkinkan para pensiunan tidak harus melakukan pencairan dana pensiun mereka dengan datang dan antri di Bank-bank yang menjadi mitra Taspen. Para pensiunan cukup mengakses pencairan dana pensiun melalui gawai masing-masing yang telah didaftarkan ke PT Taspen (persero).

Pencairan dana pensiun dengan program enrollment, para pensiunan cukup melakukan identifikasi iris mata, suara dan sidik jari di gawai masing-masing. Dana pensiun langsung masuk rekening yang bersangkutan. Untuk pengambilan dana bisa melalui fasilitas ATM bank yang terdekat.