Belajar Nasionalisme dan Patriotisme ke Lanud Iswahyudi Magetan

Caruban – Peserta diklatpim IV Angkatan IV Pemerintah Kabupaten Madiun melaksanakn kunjungan ke Lanud Iswahyudi Magetan untuk menambah wawasan tentang Pilar-pilar Kebangsaan sekaligus memupuk rasa nasionalisme dan patriotisme. Peningkatan pemahaman Pilar-pilar Kebangsaan ini adalah bagian dari kurikulum kediklatan yang wajib dilaksanakan.

Diklatpim IV Angkatan IV Pemerintah Kabupaten Madiun adalah diklat yang diperuntukkan bagi para pengawas (pejabat eselon IV) Pemerintah Kabupaten Madiun yang merupakan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Madiun dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Timur. Diklat dilaksanakan selama 3 bulan dengan sistem on Campus dan off Campus di Gedung Diklat Pemerintah Kabupaten Madiun Jalan Alun-alun Utara Nomor 4 Kota Madiun mulai 15 Februari 2019 sampai 29 Mei 2019.

Untuk kunjungan ke Lanud Iswahyudi Magetan, peserta meninggalkan Asrama menuju Lanud Iswahyudi Magetan Iswahyudi, Senin 18 Februari 2019 pukul 06.00 didampingi panitia dari BKD Kabupaten Madiun dan Siswo Herutoto, S.H., M.H. Widyaiswara Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Timur sekaligus berperan sebagai pimpinan rombongan.

Setelah pemeriksaan tamu khas pangkalan militer yang ketat, peserta diantar menuju ruang pertemuan oleh petugas. Peserta tidak bisa langsung diterima oleh Komandan Lanud Iswahyudi Magetan Iswahyudi Marsekal Pertama TNI Widyargo Ikoputra, S.E., M.M. karena sedang melakukan briefing pagi kepada para penerbang.

Selesai briefing dengan para penerbang, peserta dipersilakan masuk ruang pertemuan dan disambut langsung oleh Komandan Lanud Iswahyudi Magetan. Tanpa protokoler sebagaimana biasanya, Komandan Lanud Iswahyudi Magetan langsung memandu penyambutan peserta. Dalam kesempatan itu, Widyargo Ikoputra menyampaikan pemaparan detil terkait pengelolaan Lanud Iswahyudi Magetan lengkap dengan semua unit yang tergabung dalam payung manajemen Lanud Iswahyudi Magetan.

Siswo Herutoto, S.H., M.H. dalam sambutannya menyampaikan terima kasih karena Komandan Lanud Iswahyudi Magetan beserta jajarannya berkenan menerima kunjungan peserta di sela-sela kesibukannya. Tak lupa Siswo Herutoto, S.H., M.H. memperkenalkan seluruh anggota rombongan. Peserta diberikan kesempatan memperkenalkan diri satu per satu dengan menyebut nama, jabatan dan Organisasi Perangkat Daerah masing-masing.

Siswo Herutoto, S.H., M.H. menyampaikan alasan mengapa panitia memilih belajar kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dari Lanud Iswahyudi Magetan. Salah satunya adalah karena dalam catatan sejarah, Lanud Iswahyudi Magetan merupakan pangkalan udara, yang sangat berperan dalam memicu tumbuhnya patriotisme dan daya juang laskar-laskar perjuangan. Perjuangan para laskar semakin menggelora saat perebutan Pangkalan Udara Maospati pasca kemerdekaan.

Peran Lanud Iswahyudi Magetan dalam operasi perebutan Irian Barat menjadi tonggak pengokohan Lanud Iswahyudi dalam unsur pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Strategisnya peran tersebut menjadikan Lanud Iswahyudi layak mendapat kedudukan sebagai Pangkalan Udara Utama (Lanuma) dengan predikat Lanud tipe “A”.

Selesai sambutan Siswo Herutoto, S.H., M.H. selaku pimpinan rombongan, Presentasi sejarah dan peran Lanud Iswahyudi Magetan disampaikan oleh Kepala Penerangan (Kapen) Lanud Iswahjudi Mayor Sus Hamdi Londong Allo. Presentasi Mayor Londong direspon dengan antusias oleh peserta dengan banyaknya pertanyaan.

Mengakhiri kunjungan ke Lanud Iswahyudi Magetan, peserta diajak berkeliling Lanud Iswahyudi Magetan, mengunjungi Skadron 3 dan Skadron 15 yang merupakan Satuan Tempur Buru Sergap di bawah kendali Wing Udara 3 Tempur Lanud Iswahyudi.