Sisihkan Ratusan Instansi, BKD Kabupaten Madiun Sabet Penghargaan Terbaik Penggunaan Bahasa Media Luar Ruang

Mejayan – BKD Kabupaten Madiun kembali menorehkan prestasi di tingkat Provinsi Jawa Timur dengan menyabet Penghargaan Penggunaan Bahasa Media Luar Ruang setelah menyisihkan ratusan instansi swasta dan instansi pemerintah di seluruh Jawa Timur

Penghargaan ini diberikan oleh Balai Bahasa Jawa Timur pada hari Senin, 19 November 2018 di Jatim Expo, Wonocolo, Surabaya. Acara ini adalah sebagai bentuk apresiasi kepada berbagai pihak baik swasta maupun lembaga pemerintah yang mengutamakan penggunaan Bahasa Indonesia dalam ruang publik.

“Penghargaan bahasa ini sebagai bentuk apresiasi terhadap upaya dan dedikasi beberapa lembaga dan instansi yang peduli, bangga dan tertib dalam berbahasa Indonesia, karena penggunaan Bahasa Indonesia di media luar ruang adalah upaya menjadikan Bahasa Indonesia lebih bermartabat.” Demikian ungkap Kepala Balai Bahasa Jawa Timur Drs. Mustaqim, M.Hum. sebagaimana dilansir beritajatim.com, Senin 19 November 2018.

Peraih penghargaan bahasa harus melalui seleksi yang sangat ketat dari dewan juri, melalui beberapa instrumen penilaian dengan mempertimbangkan faktor kebahasaan, kaidah kebahasaan, dan tipografi kebahasaan.

Prof. Dr. Suyatno, M.Pd guru besar Universitas Negeri Surabaya yang menjadi salah satu dewan juri mengatakan bahwa ada dua kategori instansi yang dinilai yaitu instansi pemerintah dan instansi swasta. Dari ratusan instansi yang dinilai dari masing-masing kategori, menyisahkan lima nominator terbaik dari lembaga pemerintah dan lima nominator terbaik dari swasta.

BKD Kabupaten Madiun menjadi lima nominator terbaik bersama Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sidoarjo, Radio Republik Indonesia dan Universitas Negeri Malang.

Sementara nominator untuk lembaga swasta terdiri dari Bandara Internasional Juanda, Stasiun Kereta Api Gubeng Surabaya, Gubug Makan Mang Engking Kabupaten Sidoarjo, SMA Katolik Santa Maria Surabaya, dan Wisma Rohani Sunan Giri Kabupaten Gresik. Untuk kategori swasta penghargaan tertinggi di terima oleh Stasiun Kereta Api Gubeng Surabaya.

Terpilihnya BKD Kabupaten Madiun melalui penilaian yang detil, panitia melakukan penilaian terhadap ratusan instansi dan lembaga. Penilaian meliputi tujuh obyek luar ruang yang terdiri tulisan terkait instansi seperti nama lembaga atau nama gedung, nama sarana umum, nama ruang pertemuan, nama produk barang/jasa khas lembaga, nama jabatan, penunjuk arah, dan tulisan dalam bentuk spanduk atau alat informasi yang lainnya.

“Semua nominator mendapatkan piagam penghargaan, sementara pemenang mendapatkan piagam penghargaan, trophy, dan uang tunai 10 juta rupiah” Demikian ungkap Devi Laili Sukmawati, ketua panitia.

Penghargaan kepada BKD Kabupaten Madiun dan Stasiun Gubeng Surabaya diserahkan oleh anggota DPR RI Komisi E, Arzeti Bilbina dan Kepala Balai Bahasa Jawa Timur didampingi perwakilan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Kepala BKD Kabupaten Madiun Endang Setyowati, S.H., M.M. dan Sekretaris BKD Kabupaten Madiun Sigit Budiarto, S.Sos., M.Si. yang menerima langsung penghargaan ini di Surabaya segera menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh karyawan dan karyawati BKD Kabupaten Madiun melalui aplikasi WhatsApp.

“Selamat dan sukses kepada keluarga besar BKD Kabupaten Madiun atas prestasi
pengguna terbaik Bahasa Indonesia Media Luar Ruang Kategori Lembaga Pemerintah Tahun 2018.” Demikian pesan tertulis Sigit Budiarto, S. Sos., M.Si.

“Terima kasih Pak Sek, semoga kita lebih baik lagi dalam menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar… Semoga Madiun lebih maju.” Demikian balas Endang Setyowati, S.H., M.M.