Pendidikan Dasar Birokrasi Pancasila bagi Jajaran Pimpinan di Kabupaten Madiun

Mejayan – Serius membangun jajarannya menjadi birokrasi Pancasila, Pemerintah Kabupaten Madiun melaksanakan pendidikan dasar di Pusat Latihan Pasukan Pendarat Komando Latih Korps Marinir (Puslatpasrat Kolatmar) di Gunungsari Surabaya. Kegiatan dilaksanakan mulai Kamis, 1 Nopember 2018 sampai Ahad, 4 Nopember 2018.

Pelatihan dasar Birokrasi Pancasila ini menjadi awalan dari rangkaian kegiatan pembentukan birokrasi Pancasila di Kabupaten Madiun yang diikuti seluruh pucuk pimpinan di Pemerintah Kabupaten Madiun terdiri dari Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, kepala Organisasi Perangkat Daerah, Camat dan pimpinan BUMD.

Peserta Latihan Dasar diberangkatkan secara resmi oleh Bupati Madiun H. Ahmad Dawami Ragil Saputro, S.Sos. dan Wakil Bupati Madiun H. Hari Wuryanto, SH., M.Ak. dari kantor Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Madiun, Jl. Alun-alun Timur No. 1 Mejayan Kamis, 1 Nopember 2018

Dalam sambutan pemberangkatan Latsar, Bupati Madiun menyatakan perlu adanya kebersamaan dalam pelaksanaan tugas-tugas kedinasan. Banyak permasalahan muncul karena rendahnya rasa kebersamaan dan tingginya ego pribadi. Ibarat sepak bola, gawang lapangan sudah dipersiapkan, pemain juga bagus tapi tujuan akhirnya adalah gol. Gol yang diinginkan hanya bisa diwujudkan dengan kerjasama. Satu baik, semua harus baik, satu sakit, yang lain harus merasakan sakit itu.

“Kegiatan ini mungkin terkesan mendadak, hal ini karena perbaikan harus dilakukan secepatnya. Banyak hal yang nanti harus kita tinggal, banyak hal yang nanti terasa kurang adil pada saat Latsar. Semua kita lakukan demi satu tujuan – adanya integrasi antar OPD.” Demikian lanjut H. Ahmad Dawami.

Kebersamaan itu bisa muncul dengan rekoso bareng, menghadapi kesulitan bersama akan menjadikan kita saling memahami dan saling membantu. Penting untuk diwujudkan satu tekad – satu tujuan untuk mencapai visi misi bersama.

“Apa yang kita lakukan mulai hari ini adalah bentuk komitmen kita dalam melaksanakan tugas, untuk itu harus ada niat yang kuat kita berangkat ke Puslatpasrat Kolatmar di Gunungsari Surabaya. Harapannya, nanti kita pulang bersama sebagai tim yang lebih kompak.” Demikian Bupati Madiun mengakhiri sambutanya

Wakil Bupati Madiun H. Hari Wuryanto, SH., M.Ak. dalam sambutannya menyampaikan bahwa, kita harus melaksanakan tugas kita dengan totalitas. Setiap agenda dalam Latsar ini diharapkan untuk dijalani oleh semua peserta dengan riang gembira.

Acara Pemberangkatan diakhiri dengan doa oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun Sodik Hery Purnomo, S.Si. Peserta Latsar berangkat bersama menggunakan dua Bis menuju Pusat Latihan Pasukan Pendarat Komando Latih Korps Marinir (Puslatpasrat Kolatmar) di Gunungsari Surabaya.