Badan Kepegawaian Daerah

Pemerintah Kabupaten Madiun

Bootstrap Example

Penilaian Lomba Kantor Berwawasan Lingkungan dan Kabupaten Layak Anak

Mejayan – Senin 2 Juli 2018, BKD Kabupaten Madiun menerima kunjungan tim penilai Lomba Kantor Ramah Lingkungan dan tim penilai Lomba Kabupaten Ramah Anak.

Tim penilai terdiri dari pejabat dari Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Madiun, Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun, PKK dan LSM.

Kedatangan yang cukup mendadak dan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu sempat membuat terkejut karyawan/karyawati BKD Kabupaten Madiun. Akan tetapi mengingat poin-poin yang biasa menjadi penilaian saat Lomba Kebersihan Kantor Ramah Lingkungan sudah menjadi kegiatan rutin, keterkejutan yang dirasakan perlahan-lahan memudar.

Penyiapan area luar kantor yang ramah lingkungan sejuk dan teduh sudah dimulai sejak sebelum BKD Kabupaten Madiun pindah dari wilayah Kota Madiun ke area Kecamatan Mejayan. Penanaman bunga-bunga, buah-buahan dan tanaman-tanaman perdu sudah dilakukan perawatan secara rutin sejak akhir tahun 2015. Tidak heran jika sampai saat ini kantor BKD Kabupaten Madiun tampak semakin teduh dan hijau.

Hijaunya tanaman tidak hanya di bagian luar kantor BKD akan tetapi di samping pintu masuk kantor, ruang lobi dan setiap ruangan. Semua tampak hijau dan indah karena perawatan rutin setiap hari.

Kebersihan di dalam dan di luar kantor diperhatikan dengan serius dan detail oleh tenaga kebersihan di BKD yang mulai bekerja sejak sebelum karyawan-karyawati BKD hadir sampai sore setelah selesai aktivitas pelayanan dan kepulangan karyawan-karyawati BKD.

Poin-poin yang menjadi penilaian lomba kebersihan dari tahun ke tahun pun senantiasa dilaksanakan, bukan sebagai acuan perebutan juara lomba kebersihan, tapi kriteria-kriteria tersebut menjadi acuan untuk menciptakan kantor ramah lingkungan. Dengan semangat ini, aktivitas menciptakan kantor ramah lingkungan tidak hanya dilakukan menjelang dilaksanakannya lomba, akan tetapi sudah menjadi kegiatan rutin harian.

Penghematan energi listrik dan sumber daya air senantiasa dilakukan, pemanfaatan kertas bekas untuk pembuatan konsep naskah dinas, pemisahan sampah organik dan anorganik, administrasi kepegawaian hingga kerapian berkas-berkas layanan, semua senantiasa dilaksanakan oleh karyawan karyawati BKD.

Dari penilaian kantor ramah anak, BKD cukup siap dan sudah merealisasikan diri sebagai kantor ramah anak. Ruang laktasi BKD tersedia cukup representative dan nyaman bagi ibu menyusui, lengkap dengan furniture yang dibutuhkan di dalam ruangan, televisi, lemari pendingin, AC dan wastafel.

Ruang Baca BKD tersedia di area lobby kantor sehingga bisa diakses dan digunakan oleh pengunjung, yang ingin memanfaatkan waktu saat menunggu selesainya layanan. Sudut baca BKD pun aman bagi anak-anak. Anak-anak akan selalu terpantau oleh orang tua karena dinding terbuat dari kaca bening dengan penerangan yang sangat cukup, sehingga orang tua bisa mengawasi dari luar ruang baca maupun dari area lobi.

Menunjang kantor ramah anak, tersedia area merokok di tiga tempat, yaitu di akses pintu belakang dan pintu samping kantor. Area merokok sengaja ditempatkan di area yang cukup udara bebas dan banyak tanaman segar di sekitarnya.

Dengan segala rutinitas yang dilakukan, rasanya wajar karyawan-karyawati BKD tidak terlalu risau jika sewaktu-waktu tim penilai lomba kantor ramah lingkungan dan lomba Kabupaten layak anak datang untuk melakukan penilaian.