Libur Nasional Pilkada 2018

Mejayan – Akhirnya Pemerintah memutuskan hari pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak di 171 daerah di Indonesia pada tanggal 27 Juni 2018 sebagai hari libur nasional.

Keputusan ini tertuang dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2018 Tentang Hari Pemilihan Suara Gubernur Dan Wakil Gubernur Bupati Dan Wakil Bupati Serta Walikota Dan Wakil walikota tahun 2018 sebagai libur nasional.

Libur nasional pemilihan kepala daerah serentak tahun 2018 diusulkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengingat akan terjadi mobilisasi massa dari luar daerah yang melaksanakan pemilihan kepala daerah secara serentak.

Mobilisasi massa yang dimaksud adalah, bahwa untuk pemilihan kepala daerah di suatu tempat, juga melibatkan para pemilih yang tempat bekerja sehari-harinya di luar daerah pemilihan. Untuk itu hari libur pemilihan kepala daerah serentak ini bukan hanya di 171 daerah yang melaksanakan Pilkada akan tetapi harus menjadi libur nasional.

Pemerintah Kabupaten Madiun menindaklanjuti Keputusan Presiden Nomor 14 Tahun 2018 ini dengan surat Sekretaris Daerah Kabupaten Madiun tanggal 25 Juni 2018 Nomor 800/984/402.201/2018 Tentang Hari Libur Pada Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2018.

Surat yang ditandatangani Sekretaris Daerah Kabupaten Madiun Ir. Tontro Pahlawanto ini pada diktum pertama menegaskan bahwa hari pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah serentak tanggal 27 juni 2018 menjadi hari libur nasional.

Diktum kedua surat tersebut memerintahkan agar Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) yang melaksanakan pelayanan kepada masyarakat untuk tetap melaksanakan tugas atau tidak diliburkan. Pelaksanaan pemberian suara oleh para PNS di lingkup OPD yang melakukan pelayanan masyarakat agar diatur supaya tidak mengganggu jalannya pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat.

Kepala BKD Kabupaten Madiun Ibu Endang Setyowati, SH., MM. mengingatkan kembali agar PNS di lingkup Pemerintah Kabupaten Madiun tetap bertindak Netral sebagaimana ketentuan yang berlaku dan diharapkan bisa memberikan contoh partisipasi dalam pilkada serentak kepada masyarakat di sekitarnya.