Bermain Musik Bikin Kerja Lebih Asyik

Mejayan – Melepaskan kepenatan dalam bekerja sepertinya sudah menjadi kebutuhan untuk kantor sesibuk Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Madiun. Memanfaatkan waktu Jumat pagi, selepas senam pagi di lingkup Pusat Pemerintahan Kabupaten Madiun di Mejayan PNS BKD memilih sendiri aktivitas refreshnya.

Meskipun sedang menjalankan ibadah puasa, mereka yang merasa senam pagi masih kurang membakar lemak melanjutkan olahraga sesuai kesenangan masing-masing. Sebagian melanjutkan tenis meja di lingkup Pusat Pemerintahan Kabupaten Madiun, sebagian yang lain melanjutkan bermain volleyball. Ada pula yang menambah olah raga ringan dengan berjalan berkeliling Alun-alun Mejayan.

Yang tampak berbeda dengan yang lain di BKD adalah adanya Music Corner yang biasa digunakan setiap Jumat pagi setelah selesai senam pagi. Ruang penghubung antara loby kantor dengan smoking area samping disulap menjadi “Musik Corner”.

“Alat musik yang sudah kita miliki mestinya dimanfaatkan sepekan sekali untuk merefresh pikiran.” Demikian arahan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Madiun Endang Setyowati, SH., MM. dalam sebuah kesempatan.

Jumat, 18 Mei 2018 ibu Kepala BKD tampak ikut bernyanyi menemani stafnya yang asyik memainkan alat musik. Bukan hanya PNS, seorang Office boy turut memainkan gitar, sementara security BKD ikut memainkan drum.

“Security yang lepas piket dan Office boy sengaja kita libatkan juga, disamping memang memiliki kemampuan, ini kita lakukan untuk menjalin kekeluargaan diantara keluarga Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Madiun.” Demikian tambah Kabid Pengembangan Pegawai BKD Hery Fajar Nugroho, S.Sos., M.Si. yang selalu menggerakkan aktivitas bermain musik.

Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Madiun Sigit Budiarto, S.Sos. M.Si. menambahkan, “Nuansa kebersamaan dan kekeluargaan di BKD kita bangun melalui aktifitas-aktifitas ringan yang rutin semacam ini.’

Aktivitas ringan yang sesuai degan hoby akan memberikan nuansa gembira dalam aktifitas sehari-hari, ini penting untuk meningkatkan fokus saat bekerja, merangsang kreatifitas dan mendorong munculnya inovasi. Jangan sampai beban pekerjaan yang demikian berat dibiarkan berlarut dan menurunkan produktivitas. Tidak semua pimpinan kantor, bahkan perusahaan swasta memiliki pemikiran maju dalam menciptakan keasyikan dalam bekerja semacam ini.