Jumat, 9 Juni 2017 pukul 09.00 sampai pukul 11.00 bertempat di Ruang Rapat Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Madiun dilaksanakan kegiatan Siraman Rohani bagi pimpinan dan seluruh staf Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Madiun.

Kegiatan siraman rohani ini juga merupakan kegiatan rutin bulan Ramadhan guna menguatkan keimanan dan ketaqwaan seluruh Aparatur Sipil Negara di lingkungan Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Madiun.

Dalam sambutan kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Madiun, Ibu Endang Setyowati, SH., MM. menyampaikan bahwa hadirnya bulan Ramadhan harus diimbangi dengan kedisiplinan seluruh pegawai sebagaimana hari-hari biasa. Kedisiplinan terkait jam kerja, seragam dan lainnya tidak boleh menurun karena fisik yang cenderung lelah dan lemah karena aktivitas sahur, taraweh, tadarus dan ibadah-ibadah lain selama bulan puasa. Diingatkan juga agar puasa yang sedang dilakukan selama sebulan penuh ini bisa meningkatkan dedikasi pada pekerjaan dan pelayanan masyarakat yang hakikatnya juga ibadah bagi seorang muslim.

Dalam halaqah ilmu ini pimpinan dan seluruh staf khusyu’ mendengarkan ceramah KH Qomarudin, M.Si. dari SMAN Dolopo Madiun. Dalam ceramahnya KH Qomarudin, M.Si. menegaskan apa yang telah disampaikan Ibu Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Madiun tentang kedisiplinan.

Puasa merupakan ibadah yang melatih seorang muslim untuk berdisiplin sepanjang hari dalam tidur dan terjaga, karena sesungguhnya segala aktivitas muslim yang berpuasa akan bernilai pahala berlipat. Pahala berlipat ini sangat mungkin rusak oleh amalan kecil yang tidak kita sadari jika kita tidak disiplin dalam menjaga dan menahan diri selama menjalankan ibadah puasa.

Pimpinan dan seluruh staf Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Madiun juga diingatkan agar senantiasa bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah tanpa memandang nikmat itu besar atau kecil bagi kita, karena sesungguhnya segala nikmat Allah itu besar. Memiliki teman sekantor yang baik, berkumpul dalam majelis ilmu, bahkan bernafas dan bisa makan minum adalah nikmat yang sangat besar bagi kita meskipun tidak kita sadari. Pernahkah membayangkan kita satu kantor dengan orang-orang dengki, hasad dan jahat? Bagaimana jika kita kesulitan bernafas, tidak bisa makan ataupun minum seperti orang lain. Bukankah akan terasa teman baik, bisa makan, bisa minum adalah nikmat yang sangat besar?

Diingatkan juga agar tidak henti bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan kepada kita, karena jika kita mensyukuri maka akan ditambahkan kepada kita nikmat-nikmat yang lain dan jika tidak kita syukuri maka sungguh azab Allah sangat pedih. Jadi nikmat Allah manakah yang masih kita dustakan?

Tak lupa diingatkan untuk bisa khusyu dalam sholat, karena manfaat sholat khusyu’ yang luar biasa. Ada sebuah pertanyaan yang disampaikan oleh penceramah, “Pernahkah kita shalat dengan khusyu’ sekali saja? Sholat yang hanya fokus kepada Allah dan melupakan segala urusan yang lain?” Pertanyaan sederhana yang berat dilaksanakan dan sesungguhnya pertanyaan ini sebuah taushiyah yang butuh diaplikasikan dalam kehidupan kita.

Acara diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin oleh pembicara dilanjut bersalam-salaman. Bersalaman antara pimpinan dan seluruh staf merupakan tradisi yang dibiasakan oleh Ibu Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Madiun setiap selesai kegiatan. Saling meminta maaf dan memaafkan sambil bersalaman adalah bagian penting yang mempererat kekeluargaan. Semoga kebersamaan dan kekeluargaan seperti ini menambah nilai dalam bekerja di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Madiun dan menular ke dalam keluarga masing-masing.

Categories: HALAMAN SLIDE

Comments are closed.