Ramadhan adalah bulan penuh hikmah bagi mereka yang menyambut dan mengisinya dengan penuh keimanan dan ketaqwaan. Semangat Ramadhan ini yang senantiasa digaungkan di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Madiun di luar kegiatan pengelolaan kepegawaian yang menjadi tugas pokok sehari-hari.

Salah satu agenda tahunan di setiap bulan Ramadhan adalah Safari Ramadhan. Jika tahun 1437 H/ 2016 M yang lalu Keluarga Besar Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Madiun mengunjungi sebuah SLB dan sebuah Pondok Pesantren di wilayah Kecamatan Mejayan, tahun 1438 H/2017 M ini Keluarga Besar Badan Kepegawaian Daerah berkunjung ke dua pondok pesantren di wilayah Kecamatan Pilangkenceng. Pelaksanaan Safari Ramadhan ini dilaksanakan pada 08 Juni 2017.

Yang berbeda dari kunjungan tahun sebelumnya adalah, tahun ini bergabung anggota Dharma Wanita Persatuan Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Madiun bersama pimpinan dan staf dalam Safari Ramadhan.

Pesantren pertama yang kami kunjungi adalah Pondok Pesantren Salafiyah Solawat di Desa Kedungrejo Kecamatan Pilangkenceng. Antusias santri putra-putri dan pengasuh pondok pesantren ini terlihat sekali dalam sambutan yang hangat. Santri putra dan putri berseragam rapi duduk memenuhi serambi masjid bersama para pengasuh pondok. Kesenian hadrah para santri menyambut kedatangan kami sampai acara dimulai.

Dalam sambutannya, Ibu Endang Setyowati, SH.,MM. selaku Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Madiun menyampaikan rasa haru atas sambutan para santri dan pengasuh. Ibu Kepala Badan Kepegawaian Daerah juga mendoakan agar para santri nantinya menjadi generasi penerus yang shalih dan shalihah.

Sementara itu Romo Kyai Maskim Abdul Azis Sidik selaku pimpinan pondok dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan apresiasi positif karena ada keluarga instansi pemerintah beserta anggota Dharma Wanita Persatuan yang memiliki inisiatif bersilaturahim dengan pondok pesantren pada bulan Ramadhan. Beliau juga menyampaikan bahwa pesantren yang beliau pimpin sangat jarang menerima kunjungan instansi pemerintah, sehingga kunjungan Keluarga Besar Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Madiun bersama anggota Dharma Wanita Persatuan terasa begitu istimewa.

Acara silaturahim diakhiri dengan penyerahan santunan bagi anak yatim di Pondok Pesantren Salafiyah Solawat dan bantuan sembako untuk keperluan sehari-hari di pondok. Penutup acara, doa dari perwakilan anak yatim bagi seluruh hadirin terutama kepada Keluarga Badan Kepegawaian Daerah.

Kunjungan selanjutnya masih di wilayah Kecamatan Pilangkenceng, Pondok Pesantren Salafiyah Al Basyariah Desa Kenongorejo pimpinan Romo Kyai Mustaqim Basyari menjadi pilihan. Rombongan keluarga besar BKD memasuki gerbang pesantren bertepatan dengan waktu sholat dhuhur, dan acara silaturahim baru dimulai setelah selesai sholat jamaah.

Meskipun secara persiapan terlihat keseriusan dari pihak pesantren dalam menyambut kedatangan rombongan Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Madiun, ibu Kepala Badan Kepegawaian Daerah tetap merendah dalam sambutannya dengan menyampaikan ucapan terima kasih pihak pondok telah berkenan menerima rombongan dan permohonan maaf jika kehadiran rombongan mengganggu aktifitas pondok.

Sementara Romo Kyai Mustaqim Basyari menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan rombongan Keluarga Besar Badan Kepegawaian Daerah dan berharap adanya dukungan pemerintah dalam pelaksanaan pendidikan berbasis keagamaan agar generasi yang akan datang tidak hanyut dalam nilai-nilai negatif yang berkembang saat ini.

Sebagaimana kunjungan di Pondok Pesantren Salafiyah Solawat, kunjungan ke Pondok Pesantren Salafiyah Al Basyariyah diakhiri penyerahan santunan dan bantuan serta ditutup dengan doa oleh Romo Kyai Mustaqim Basyari.

Categories: HALAMAN SLIDE

Comments are closed.