Jum’at 14 Juli 2017 bertempat diruang rapat Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Madiun sebanyak 24 Kepala Sekolah SD & SMP Kabupaten Madiun menghadiri rapat koordinasi pelaksanaan Diklat Calon Kepala Sekolah. Diklat Calon Kepala Sekolah merupakan salah satu upaya untuk membekali calon Kepala Sekolah dengan kompetensi yang relevan. Oleh karena itu, pengembangan mutu proses pembelajaran diklat difokuskan pada upaya untuk mewujudkan kepala sekolah yang amanah, profesional dan berjiwa wirausaha.
Salah satu upaya untuk memperoleh calon kepala sekolah yang kompeten adalah dengan memberikan diklat yang berkualitas. Dengan diklat calon kepala sekolah yang berkualitas akan menghasilkan calon kepala sekolah yang profesional yang pada akhirnya akan memacu peningkatan kinerja sekolah yang dipimpinnya ke arah peningkatan mutu, relevansi dan daya saing pendidikan.

Diklat calon kepala sekolah/madrasah dikemas dalam 3 tahap dengan model “In-Service Learning 1 (pembelajaran melalui kegiatan tatap muka), On-the JobLearning (pembelajaran di lapangan dalam situasi pekerjaan yang nyata), In-Service Learning 2” (kegiatan tatap muka untuk mempresentasikan dan merefleksikan hasil ). In Service Learning 1 berupa tatap muka antara peserta diklat dengan nara sumber dan atau fasilitator. Kegiatan ini diselenggarakan dalam durasi minimal 70 (tujuh puluh) jam pelajaran @ 45 menit. Materi diklat mencakup materi umum, materi inti dan materi penunjang. In Service Learning 1 peserta menyusun rencana tindakan yang akan diimplementasikan pada saat On – theJob Learning. Tahap kedua adalah On-the Job Learning, yakni pelaksanaan rencana tindakan yang telah disusun pada saat In Service Learning 1. Tahap ke tiga, In-Service Learning 2, dilaksanakan dalam durasi 30 (tiga puluh) jam pelajaran. Dalam kegiatan ini dilakukan penilaian terhadap portofolio calon kepala sekolah. Penilaian juga dilakukan melalui presentasi hasil OJL dan refleksi terhadap pelaksanaan kegiatan tersebut dalam konteks peningkatan kompetensi calon kepala sekolah.

Categories: BIDANG PENGEMBANGAN