Madiun – PT Taspen Madiun Cabang Madiun bekerjasama dengan Bank Jatim Cabang Madiun menggandeng Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Madiun dalam Sosialisasi program Pendaftaran Ulang Nasional kepada PNS penerima pensiun dan calon penerima Pensiun. Acara dilaksanakan di Ballroom The Sun Hotel Madiun pada hari Kamis 26 April 2018 dihadiri 266 orang PNS di lingkup Kabupaten Madiun yang akan memasuki masa pensiun bulan Mei sampai dengan Desember 2018.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Madiun Endang Setyowati, SH., MM. mengatakan, sesuai dengan UU ASN dan PP Nomor 11 Tahun 2017 dinyatakan bahwa jaminan pensiun PNS dan Jaminan Hari Tua PNS diberikan sebagai perlindungan kesinambungan penghasilan hari tua, sebagai hak dan sebagai penghargaan atas pengabdian PNS.

Kepala PT Taspen Cabang Madiun Yonpizera mengatakan, daftar Ulang PNS calon penerima pensiun yang oleh PT Taspen disebut sebagai program Enrollment bertujuan untuk memastikan bahwa setiap penerima pensiun masih hidup selama pencairan dana pensiun mereka. Nantinya pencairan dana pensiun akan memakai otentifikasi sidik jari (fingerprint), pengenalan wajah (face recognition), dan pengenalan suara (voice recognition) dari penerima pensiun sendiri.

Teknologi yang pertama di Asia Tenggara ini PT Taspen bekerjasama dengan PT Telkom dan mitra bayar PT Telkom. Dengan teknologi ini Pensiunan bisa mencairkan dana pensiunnya tanpa harus datang ke bank karena setelah melakukan autentifikasi sidik jari, wajah dan suara melalui Handphone, dana akan terkirim ke rekening masing-masing.

Yonpizera menambahkan, dengan digitalisasi transaksi ini memudahkan pensiunan mencairkan dana pensiun langsung dari smartphone masing-masing meskipun baru pukul 00.01 tanpa menunggu jam kerja mitra bayar PT Taspen dan bisa langsung digunakan melalui fasilitas ATM bank untuk pengambilan tunai maupun pembayaran lain menggunakan ATM.

Perekaman sidik jari, pengenalan wajah dan pengenalan suara bagi PNS yang sudah pensiun akan dilakukan oleh PT Telkom bersama mitra bayar PT Taspen di kantor mitra bayar PT Taspen. Bagi penerima pensiun baru, enrollment dilakukan oleh Taspen. Bagi penerima pensiun yang memiliki keterbatasan fisik atau sakit, proses enrollment dapat dilakukan oleh mitra bayar PT Taspen atau oleh petugas PT Taspen di tempat tinggal penerima pensiun.

Setelah proses perekaman, PNS penerima pensiun akan mendapatkan Taspen Smartcard yang berfungsi sebagai Kartu Identitas Pensiun, juga sebagai kartu ATM, Debit, dan dilengkapi Program Loyalti (Diskon) pada merchants yang bekerjasama dengan Taspen maupun mitra bayar PT Taspen.

Kepala Bank Jatim Cabang Madiun Ratna Hastuti mengatakan, “Selama masih aktif sebagai PNS Bapak Ibu adalah nasabah Bank Jatim. Dengan program enrollment bagi pensiunan ini, kami siap melayani Bapak dan Ibu dalam mencairkan dana Pensiun.”

Kabid Layanan dan Manfaat PT Taspen Riyanta Widyaka menyampaikan bahwa PT Taspen memiliki 11 mitra bayar. Para pensiunan berhak memilih melalui mitra bayar yang mana mereka akan mencairkan dana pensiunnya.

Lebih lanjut Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Madiun Endang Setyowati, SH., MM. mengatakan, dengan penerapan teknologi ini diharapkan pensiunan PNS lebih dimudahkan dan sejahtera. Dimudahkan karena tidak perlu mengambil dana pensiun ke bank, bahkan tengah malampun bisa mencairkan dana pensiun dan lebih sejahtera karena beragam potongan harga yang didapatkan pada saat berbelanja di merchant yang telah ditunjuk.

Categories: BERITA UMUM, HALAMAN SLIDE