BKD – “Disiplin adalah salah satu kunci utama dalam meraih kesuksesan dan mewujudkan cita-cita, dalam bekerja maupun bermasyarakat.” Demikian disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Madiun Endang Setyowati, SH., MM.  dalam pengarahan kepada seluruh pejabat strukturaldan staf BKD.

 

Pengarahan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Madiun ini disampaikan dalam Rapat Staf bulanan yang dilaksanakan Selasa, 15 Mei 2018 di Ruang Rapat BKD. Selalu ada hal baru yang disampaikan dan dibahas setiap Pelaksanaan Rapat Staf.

 

Disiplin BKD Bukan Isapan Jempol.

 

Penegakan disiplin di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Madiun direalisasikan dengan dilaksanakannya evaluasi orang per orang pada saat Rapat Staf bulanan melalui pembacaan laporan absensi per bulan. Bukan hanya staf yang dievaluasi, semua pejabat struktural hingga kepala BKD dievaluasi secara terbuka di hadapan seluruh staf. Pun bukan hanya PNS di lingkup BKD, tenaga kebersihan pun dievaluasi kinerjanya.

 

Kewajiban masuk kerja tepat waktu menjadi salah satu yang selalu ditekankan Ibu Kepala BKD, oleh karena itu penggunaan Presensi Fingerprint berbasis IT sudah dilaksanakan di BKD guna mendukung kedisiplinan. Kehadiran PNS BKD sudah bisa dievaluasi dengan real time. “siapa masuk jam berapa langsung bisa dipantau realtime. Bahkan setiap orang bisa mengevaluasi secara pribadi tingkat ketepatan waktu hadirnya melalui gadget masing-masing”

 

“Dengan padatnya lalu lintas saat ini, agar diantisipasi dengan berangkat lebih pagi untuk menghindari keterlambatan, terutama bagi mereka yang jarak antara rumah dengan kantor cukup jauh. Kepadatan lalu lintas saat ini tidak dapat dipastikan, sehingga kita yang mesti menyesuaikan dengan berangkat lebih awal.” Demikian ditambahkan Ibu Endang Setyowati, SH.,MM.

 

Selain waktu kehadiran, Apel pagi menjadi tolok ukur kedisiplinan. PNS di BKD wajib apel pagi sebelum melaksanakan tugas sehari-hari dan diakhiri dengan apel siang. Apel pagi dilaksanakan di halaman BKD setiap pukul 07.00 dan apel siang paling cepat dilaksanakan pukul 14.30. Selain sebagai bentuk kedisiplinan, yang tidak kalah penting adalah moment doa bersama untuk mengawali dan mengakhiri pekerjaan agar apa yang dilakukan selama seharian menjadi barokah dan bermanfaat bagi pribadi, masyarakat, bangsa dan negara.

 

Ibu Kepala BKD juga mengingatkan masalah disiplin berpakaian, agar sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dengan jadwal yang sudah ditentukan. Hari Senin menggunakan seragam Khaky, Hari Selasa Batik, Hari Rabu pakaian putih bawahan hitam, Hari Kamis Batik dan Hari Jumat mengenakan Seragam olah raga yang dilanjutkan dengan berganti pakaian batik mulai pukul 09.00 “Yang ibu-ibu berhijab jangan lupa, wajib mengenakan Jilbab yang polos dan warnanya senada dengan seragam yang dikenakan.” Demikian penegasan Ibu Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Madiun.

 

Categories: BERITA UMUM