Pembekalan 105 PNS Yang Akan Memasuki Purna Tugas

Caruban – BKD Kabupaten Madiun bekerjasama dengan PT Taspen Persero Cabang Madiun dan Bank Mantap Cabang Madiun memberi sosialisasi dan pembekalan bagi PNS yang akan memasuki masa purna tugas periode Juni sampai Agustus 2019 sejumlah 105 orang.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Selasa, 23 April 2019 di Ruang Rapat Graha Eka Kapti lantai II lingkup Pusat Pemerintahan Kabupaten Madiun di Caruban ini dihadiri para pejabat BKD Kabupaten Madiun, PT Taspen Persero Cabang Madiun dan Bank Mantap Cabang Madiun.

“Pembekalan ini diharapkan memberi wawasan bagi PNS yang akan memasuki masa purna tugas sehingga nantinya segera beradaptasi dengan aktivitas yang baru dan lebih siap dalam mengisi masa pensiun.” Demikian kata Nur Aini Hanik, S.H., Kabid Pembinaan, Data dan Kesejahteraan Pegawai BKD Kabupaten Madiun.

Nur Aini Hanik, S.H. mengatakan bahwa proses penerbitan SK Pensiun sekarang ditandatangani langsung oleh Bupati Madiun H Ahmad Dawami Ragil Saputro, S.Sos. dan setiap orang membutuhkan 6 tanda tangan sehingga memerlukan waktu yang lama untuk penyelesaiannya.

“Tapi Bapak-ibu tidak perlu khawatir karena pertimbangan Teknis dari BKN sudah kami terima, sehingga pada saat datang waktu pensiun Bapak dan Ibu bisa mencairkan Tunjangan Hari Tua.” Demikian tambah Nur Aini Hanik, S.H.

Dalam sambutannya Kepala BKD Kabupaten Madiun Endang Setyowati, S.H., M.M. menyampaikan, “Memang dengan pensiun akan mengakhiri tugas formal sebagai PNS. Akan tetapi berkarya tidak boleh terhenti karena status Purna tugas.”

“Masa pensiun bagi sebagian orang adalah saat yang ditunggu sementara bagi yang lain menjadi momok, terutama bagi mereka yang merasa tenaga dan pikirannya tidak lagi dibutuhkan.” demikian lanjut Endang Setyowati, S.H., M.M.

“Masa pensiun adalah periode baru yang bisa dimanfaatkan untuk lebih dekat dengan keluarga dan Masyarakat, sehingga kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan bisa lebih optimal tanpa terganggu jam kerja formal.” Demikian pungkas Kepala BKD.

Pembekalan terkait hak-hak sebagai PNS yang memasuki purna tugas termasuk langkah-langkah pengurusan pensiun, manfaat Taspen bagi PNS aktif hingga PNS yang memasuki masa purna tugas disampaikan oleh Riyanta Widyaka Kabid Layanan dan Manfaat PT Taspen Persero Cabang Madiun.

Salah satu acara yang menarik dalam kegiatan ini adalah tampilnya satu orang pensiunan yang sukses setelah tidak aktif bekerja sebagai PNS. Adalah Bapak PUGUH SUBAGIO. Purna Lurah Barat Magetan yang menjalankan usaha pembudidayaan dan persewaan bibit tanaman dan bunga di Jl. Gajah mada RT7 RW 2 Magetan. Puguh Subagiyo dihadirkan untuk memberikan inspirasi bagi PNS yang baru akan memasuki masa purna tugas.

Kegiatan lain yang sangat penting bagi PNS yang akan memasuki masa purna tugas adalah proses enrollment bagi Pensiunan. Enrollment adalah proses Perekaman sidik jari, pengenalan wajah dan pengenalan suara bagi PNS yang akan memasuki masa purna tugas.

Setelah proses perekaman, PNS yang akan memasuki masa purna tugas nantinya akan mendapatkan Taspen Smartcard yang berfungsi sebagai Kartu Identitas Pensiun, juga sebagai kartu ATM, Debit, dan dilengkapi Program Loyalti (Diskon) pada merchants yang bekerjasama dengan Taspen maupun mitra bayar PT Taspen.

Dengan perekaman ini, pensiunan bisa mencairkan dana pensiun langsung dari smartphone masing-masing meskipun baru pukul 00.01 tanpa menunggu jam kerja mitra bayar PT Taspen dan bisa langsung menggunakan fasilitas ATM bank untuk pengambilan tunai maupun pembayaran lain menggunakan ATM.