Rapat Staf : Awali Dengan Perencanaan Yang Matang

Mejayan – Mengawali tahun 2019, BKD melaksanakan rapat staf Bulan Januari pada hari Rabu 16 Januari 2019 di Ruang Rapat BKD Kabupaten Madiun, Jalan Alun-alun Timur Nomor 1 Caruban.

Kepala BKD Kabupaten Madiun Endang Setyowati, S.H., M.M. mengingatkan pentingnya perencanaan yang baik. Perencanaan menjadi awal dari suksesnya semua kegiatan yang dilaksanakan selama satu tahun.

“Perencanaan yang matang dan baik akan menjadi kunci sukses pelaksanaan setiap kegiatan. Untuk itu saya harapkan semua kegiatan yang akan dilaksanakan bisa direncanakan dengan detil.” Demikian ungkap Endang Setyowati, S.H., MM.

Terkait perencanaan ini, Sigit Budiarto, S.Sos., M.Si. Sekretaris BKD Kabupaten Madiun menegaskan, jika perencanaan dilakukan dengan baik diharapkan tidak ada SILPA.

“Kita sudah berjuang mendapatkan alokasi anggaran untuk layanan kepada seluruh PNS di Kabupaten Madiun, jangan sampai ada yang tersisa karena pelayanan tertunda.” Demikian ungkap Sigit Budiarto, S.Sos., M.M.

Perencanaan menjadi satu persiapan yang sangat penting dalam manajemen karena akan memberikan arah yang benar sesuai dengan program kerja yang akan memberikan tanggung jawab kerja bagi setiap personel di BKD.

Perencanaan juga penting karena akan memberikan gambaran masalah dan tantangan yang mungkin terjadi selama persiapan, pelaksanaan dan pelaporan sebuah kegiatan. Dengan demikian panitia akan lebih dini mengambil langkah-langkah riil untuk mengantisipasi permasalahan yang muncul.

Kegiatan menjadi lebih efisien jika hal-hal yang tidak diharapkan bisa diantisipasi. Perubahan-perubahan karena dari faktor luar BKD bisa disiapkan alternatif-alternatif jalan keluarnya sejak dini jika perencanaan matang.

Salah satu yang terpenting dari matangnya perencanaan adalah menjadi sistem kontrol untuk sebuah kegiatan. Perencanaan bisa melakukan pengawalan terhadap prosedur dari setiap tahapan kegiatan.

Bukan hanya kegiatan besar yang butuh perencanaan, kegiatan rutin harianpun harus direncanakan. Kita mesti memulai perencanaan hal-hal besar dengan merencanakan aktivitas-aktivitas kecil.

“Setiap PNS harus punya rencana harian sesuai tupoksinya. Apa yang akan dikerjakan hari ini harus sudah diagendakan. Jadi, sampai kantor sudah jelas apa yang akan dilakukan dalam sehari ini.” Demikian pungkas Kepala BKD Kabupaten Madiun.