Membentuk Teamwork Yang Solid, Karyawan-Karyawati BKD Diterjunkan Ke Mojosemi

Mejayan – Jumat pagi, 30 Nopember 2018 karyawan-karyawati BKD Kabupaten Madiun meluncur menuju bumi perkemahan Mojosemi Magetan. Semangat One Team, One Heart, One Goal yang selama ini sudah terbangun diperkuat dengan program Outbond Training. Berangkat dalam satu kendaraan sengaja direncanakan sejak awal untuk menciptakan kebersamaan.

“Sejak awal program Outbond kita ciptakan kebersamaan. Berangkat harus dengan satu kendaraan” Begitu kata Sudarna, S.Sos., Kepala Sub Bidang Diklat BKD Kabupaten Madiun.

Mengenakan kaos seragam bernuansa Biru, karyawan-karyawati BKD menyatu dengan asrinya alam mojosemi yang mulai menghijau setelah beberapa waktu diguyur hujan. Sampai di area bumi perkemahan mojosemi,karyawan-karyawati BKD disambut dengan welcome drink. Saat menikmati minuman khas yang disediakan, panitia memantapkan pembagian tim yang akan digunakan selama pelaksanaan outbond.

Outbond dipandu tim outbond dari Mojosemi Forest Park Magetan. Instruktur terdiri dari 3 orang dengan spesifikasi yang berbeda setiap orangnya. Peserta mengikuti beberapa game kelompok yang telah dirancang apik oleh tim instruktur.

Game pertama adalah dinamika kelompok. Semua peserta dieksplor untuk muncul kekompakan dengan banyak game untuk disatukan menjadi tim besar BKD.

Permainan pertama ini dipersiapkan secara khusus untuk adaptasi peserta dengan lingkungan outbond dan adaptasi setiap peserta dengan peserta yang lain. Di akhir sesi pertama dilakukan pembetukan 3 kelompok dengan beberapa permainan.

Game kedua terdiri dari 3 permainan dilakukan oleh masing-masing kelompok secara bersamaan di tempat berbeda. Permainan pertama paintball war game, manajemen kereta api, dan pemindahan caping.

Ketiga permainan di sesi kedua ini melatih setiap peserta untuk terbuka, berkoordinasi dengan yang lain, berkolaborasi, berinovasi, leadership, pelimpahan wewenang, ketaatan, keterbukaan, kepercayaan dan kemandirian.

Sekira pukul11.30 aktivitas outbond dihentikan untuk memberi kesempatan Karyawan yang beragama Islam melaksanakan kewajiban sholat Jumat. Sholat Jumat dilaksanakan bersama masyarakat di masjid terdekat, Masjid Jabal Nur di area Mbah Djoe Resort.

Sementara karyawati BKD sholat ditempat yang telah disediakan di area Mojosemi Forest Park. Kegiatan sholat dilanjutkan dengan makan siang dan istirahat sejenak.

Pukul 13.30 karyawan-karyawati BKD kembali terjun ke lapangan dengan permainan ketiga. Sesi ketiga lebih lebih bernuansa tantangan dan hiburan. Melintasi area off-road dengan Jeep 4×4, berkendara di medan menantang di area Mojosemi Forest Park dan panahan.

Kepala Bidang Pengembangan Pegawai, Pendidikan dan Pelatihan BKD Kabupaten Madiun Hery Fajar Nugroho, S.Sos., M.Si. mengungkapkan bahwa kegiatan ini adalah tindak lanjut dari pembelajaran Orientasi Manajemen Kepegawaian yang telah dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 27-28 Nopember 2018 di Aula Rumah Makan Icha Oriental Tarzan Kecamatan Mejayan.

“Outbond ini adalah penyiapan Karyawan-karyawati BKD untuk menjadi satu Tim yang sepenuh hati mewujudkan tujuan bersama. One Team, One Heart, One Goal.” Demikiain ungkap Hery Fajar Nugroho, S.Sos., M.Si.

Hery Fajar Nugroho, S.Sos., M.Si menambahkan, “Mulai tahun 2019, pemerintah akan melakukan program besar-besaran dalam memperkuat sumberdaya manusia di semua sektor di semua lapisan dan semua usia baik SDM pemerintahan maupun swasta untuk menghadapi tantangan zaman yang semakin berat. Untuk itu kita mesti menjadi tim yang solid dan kompak dengan satu tujuan. Di sini kita bangun kesolidan dan kekompakan tim.”

Sementara Kepala BKD Kabupaten Madiun Endang Setyowati, S.H., M.M. dan Sekretaris BKD Kabupaten Madiun Sigit Budiarto, S.Sos., M.Si. memantau dan mengawasi langsung proses outbond karyawan-karyawati BKD di Mojosemi Forest Park Magetan.

Sigit Budiarto, S.Sos., M.Si. menegaskan, “Acara ini untuk memantapkan sinergitas dan kerjasama di semua lini BKD, serta mengefektifkan pola komunikasi yang baik demi kinerja BKD yang maksimal untuk mendukung tercapainya Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Madiun yaitu mewujudkan Kabupaten Madiun yang Aman Mandiri Sejahtera dan Berakhlak.”