Ke Jogja, Belajar Nilai Dasar Birokrasi Pancasila

Mejayan – Bupati Madiun H. Ahmad Dawami Ragil Saputro, S.Sos. bergerak cepat membentuk PNS Kabupaten Madiun menjadi birokrat Pancasila. Persiapan-persiapan dilakukan dalam waktu yang sangat singkat. Solid, tepat dan tegas.

Upaya mewujudkan jajarannya menjadi birokrat pancasilais diawali dengan karantina di Pusat Latihan Pasukan Pendarat Komando Latih Korps Marinir (Puslatpasrat Kolatmar) di Gunungsari Surabaya Kamis, 1 Nopember 2018 sampai Minggu, 4 Nopember 2018.

Dengan koordinasinya yang sangat singkat, didatangkan Budayawan Emha Ainun Najib bersama Kyai Kanjeng untuk memberikan pencerahan secara spiritual kepada jajaran pimpinan beserta seluruh pejabat struktural Kabupaten Madiun pada Hari Rabu, 7 Nopember 2018 pukul 19.00 di Pendopo Ronggo Djoemeno.

Pada puncaknya, Bupati mengundang Prof. Dr. Moh. Mahfud MD, SH, SU untuk memberikan ceramah Pendidikan Karakter Dasar PNS Menuju Birokrasi Pancasila. Dengan padatnya kesibukan, Prof. Dr. Moh. Mahfud MD, SH, SU gagal hadir ke Madiun. Bupati berinisiatif mengundang Bapak Mahfud MD untuk berceramah di wilayah Yogyakarta.

Akhirnya Bupati Madiun, Wakil Bupati Madiun, Sekretaris Daerah Kabupaten Madiun bersama seluruh jajaran Pimpinan OPD datang ke Yogyakarta untuk mendengarkan arahan Bapak Mahfud MD.

Prof. Dr. Mahfud MD, SH,SU menyampaikan materi Membangun Aparat Pemerintah yang Bersih, Berwibawa dan Melayani yang Berjiwa Pancasila. Ceramah dilaksanakan di Griya Persada Convention Hall Kaliurang, Minggu 2 Desember 2018.

Bupati Madiun mengatakan bahwa dalam upaya mewujudkan visi Kabupaten Madiun Aman, Mandiri, Sejahtera dan Berakhlak dibutuhkan aparatur yang profesional. Salah satu upaya mewujudkan aparatur profesional adalah dengan mewujudkan Birokrasi Pancasila. Yaitu birokrasi yang selalu menjiwai dan mengimplementasikan setiap sila yang terkandung dalam Pancasila.

Dalam sambutannya, Bupati Madiun mengharapkan semua peserta mengikuti ceramah dan arahan Mahfud MD dengan seksama agar materi dapat diterima dengan baik dan selanjutnya bisa diteruskan kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil di lingkup Pemerintahan Kabupaten Madiun.