Uji Kompetensi ASN Se-eks Karesidenan Madiun

Mejayan – Badan Kepegawaian Negara melalui Kantor Regional II Surabaya menggandeng BKD Kabupaten Madiun melaksanakan pemetaan kompetensi bagi ASN dari beberapa kabupaten dan kota di wilayah Karesidenan Madiun.

Pemetaan kompetensi dilaksanakan pada Hari Selasa – Jumat, tanggal 25 s/d 28 September 2018 di SMA Negeri 2 Mejayan. Ujian kompetensi dengan sistem Computer Assisted Test dilaksanakan 4 sesi setiap hari mulai pukul 07.00 dan berakhir pukul 16.00.

Pemetaan kompetensi dilakukan dengan melakukan pengujian untuk mengetahui kompetensi masing-masing ASN. Hasil pemetaan potensi ini akan digunakan untuk bahan pertimbangan dalam proses manajemen ASN. Selain bermanfaat bagi manajemen ASN, hasil pemetaan ini akan digunakan untuk pengembangan kompetensi ASN.

Sebagaimana kita ketahui semangat reformasi birokrasi yang telah dibakukan dengan Undang-Undang ASN mengharuskan pelaksanaan manajemen ASN dengan merit system. Dengan merit sistem ini nantinya kebijakan dan manajemen ASN akan didasarkan pada kualifikasi, kompetensi dan kinerja masing-masing PNS secara adil dan wajar.

Pemetaan kompetensi ini diikuti oleh lebih kurang 1085 orang ASN dari berbagai kabupaten/Kota di karesidenan Madiun. Tercatat beberapa daerah diantaranya Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Magetan, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Pacitan, Kota Madiun dan Kabupaten Madiun sebagai tuan rumah.

Sekretaris BKD Kabupaten Madiun Sigit Budiarto, S.Sos., M.Si. mengatakan, “Tantangan kedepan lebih berat, PNS harus mampu menjalankan Tupoksi secara maksimal. Untuk itu dibutuhkan pemetaan kompetensi yang jelas dan terarah bagi pengembangan karier PNS.”