Monitoring dan Evaluasi Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya

Mejayan – Tim Pengelolaan jabatan fungsional dan angka kreditnya melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi kepada PNS di lingkup Kabupaten Madiun yang menduduki Jabatan Fungsional (JF). Monitoring dan Evaluasi jabatan fungsional ini dimaksudkan untuk memantau sejauh mana JF melaksanakan tugas dan fungsi yang menjadi tanggung jawab mereka, serta bagaimana pengelolaan administrasi terkait jabatan fungsional di OPD masing-masing.

Monitoring dilaksanakan selama 2 hari,  Rabu – Kamis, tanggal 12 – 13 September 2018 dipimpin oleh Ketua Tim Pengelolaan Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya Sri Diana Dewi Kusumaningrum, S.H., M.Si. yang juga menjabat Kepala Bidang Mutasi Pegawai BKD Kabupaten Madiun.

Pada hari pertama Tim Pengelolaan Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya melakukan monitoring dan evaluasi PNS yang menduduki jabatan fungsional di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Madiun, Inspektorat Kabupaten Madiun, dan  Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Madiun.

Sementara pada hari kedua Tim Pengelolaan Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya melakukan monitoring dan evaluasi jabatan fungsional di Dinas Lingkungan Hidup dan Badan Kepegawaian Daerah. Dimana untuk monev di Badan Kepegawaian Daerah dilakukan dengan mengundang Pejabat Fungsional Analis Kepegawaian beserta Pejabat Pengelola Kepegawaian dari BKD Kabupaten Madiun, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, Sekretariat DPRD, dan Bagian Organisasi.

Monitoring dan Evaluasi Jabatan Fungsional pada hari kedua ini dilaksanakan di Ruang Rapat BKD Kabupaten Madiun, Jl. Alun-Alun Timur No. 1 Mejayan. Sebelum melaksanakan monitoring dan evaluasi di Kantor BKD, tim melakukan monitoring dan evaluasi pada pejabat fungsional di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Madiun.

Secara umum Tim Pengelolaan Jabatan Fungsional mengharapkan agar dilakukan penataan pejabat fungsional sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya dengan mempertimbangkan butir-butir kegiatan yang menjadi tanggung jawab masing-masing jabatan fungsional. Tim juga mengharapkan adanya fasilitasi dari OPD terhadap tugas dan pengembangan pejabat fungsional.

Tim menekankan pentingnya pengelolaan arsip kepegawaian yang baik bagi pejabat fungsional di lingkungan OPD. Sebagaimana diketahui, kinerja pejabat fungsional tidak hanya tertuang pada SKP akan tetapi juga dalam bentuk PAK (Penetapan Angka Kredit) yang membutuhkan pengarsipan yang baik.

Tim juga melakukan pemantauan terhadap proses pengangkatan calon JF menjadi JF. Bagi calon JF yang belum diangkat menjadi JF dilakukan pendataan kendala-kendala  yang menghambat proses pengangkatan yang bersangkutan. Tim juga memantau keberadaan penilai angka kredit masing-masing JF dan bagaimana proses pengajuan DUPAK-nya.

Kegiatan monitoring dan evaluasi Ini  menjadi ajang sharing bagi Jabatan Fungsional di Kabupaten Madiun untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi bersama. Semua permasalahan dituangkan dalam laporan tertulis kepada pimpinan dan akan diupayakan solusi sesuai dengan kewenangannya.