Buka Puasa Bersama BKD Kabupaten Madiun bersama Anak-anak Yatim

Mejayan-BKD Kabupaten Madiun kembali mengadakan buka puasa bersama anak Yatim di lingkungan Kecamatan Mejayan, Balerejo dan Pilangkenceng sebagai bentuk kepedulian kepada sesama pada bulan Ramadhan.

Buka bersama Ramadhan 1439 H /2018 ini BKD kembali mengundang 25 anak Yatim. Perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya, untuk anak yatim yang kita undang pada tahun ini hanya mereka yang masih duduk di bangku SD, sementara tahun-tahun sebelumnya merata dari SD hingga SLTA.

Kepala BKD Kabupaten Madiun Ibu Endang Setyowati, SH., MM. mengatakan, “Memang yang kami undang hanya sebagian kecil dari anak yatim di wilayah kecamatan sekitar kantor BKD, untuk itu kami memilih anak-anak yatim yang masih usia SD dan sementara ini tinggal bersama keluarga mereka yang masih ada. Mereka yang kami undang sementara ini belum banyak tercover bantuan melalui lembaga-lembaga resmi.”

Buka Bersama seluruh pegawai BKD bersama anak Yatim dilaksanakan di lobi kantor BKD Kabupaten Madiun, Jl. Alun-alun Timur No. 1 Mejayan. Dalam kegiatan ini setiap anak yatim diberikan santunan dan bingkisan, berupa alat tulis. Santunan dan bingkisan untuk anak yatim diserahkan langsung oleh Ibu Endang Setyowati, SH., MM selaku Kepala BKD dan Para Pejabat Eselon III lingkup BKD.

Selain penyerahan santunan dan bingkisan kepada anak yatim, acara buka bersama ini diisi kajian oleh Ustadz Supangat Abdillah dari Pilangkenceng. Beliau mengingatkan seluruh peserta buka bersama tentang puasa, utamanya tingkatan puasa seorang muslim dan hal-hal yang membatalkan pahala bagi orang yang menjalankan ibadah puasa.

Di penghujung acara buka bersama disisipkan doa oleh perwakilan anak yatim dari SDIT Harapan Insan. Memasuki adzan Maghrib, seluruh peserta membatalkan puasa, sholat maghrib berjamaah dan diakhiri dengan makan bersama seluruh peserta Buka Puasa Bersama. Semoga di tahun-tahun yang akan datang, kegiatan semacam ini tetap bisa terselenggara.