Arahan Pimpinan : Kantor Nyaman, Produktivitas Kerja dan Kepuasan Pelayanan Kepegawaian Meningkat

Mejayan – “Kenyamanan kantor harus selalu diwujudkan oleh semua Pegawai di lingkup BKD. Semua harus sadar dan komitmen dalam mewujudkannya.” Demikian Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Madiun Endang Setyowati, SH., MM.  mengawali arahan terkait pentingnya menciptakan kenyamanan di lingkungan Kantor.

Kantor yang hijau telah diupayakan sejak persiapan perpindahan kantor BKD dari wilayah Kota Madiun ke wilayah Mejayan tahun 2015. Sejak diputuskan kantor BKD harus bergeser ke Mejayan, Ibu Kepala BKD segera memerintahkan penanaman bunga dan tanaman penyejuk area di luar kantor termasuk aneka buah-buahan.

Tanaman Hidup di lingkungan teras dan bagian dalam segera menyusul direalisasikan, sehingga saat kepindahan pertama pada medio Nopember 2015, lingkungan hijau di area gedung Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Madiun sudah terealisasi.

Sebagaimana yang telah diketahui bersama, perkantoran hijau (green office) adalah sistem manajemen lingkungan (environmental management system/EMS) yang praktis dan sederhana dan dikembangkan khusus untuk kondisi perkantoran. Upaya ini dilakukan untuk membantu dan mendorong gaya operasional kantor yang lebih ramah lingkungan.

Sementara dalam konsep Go Green yang mulai diusung sejak awal perpindahan kantor, antara lain melalui penghematan penggunaaan listrik, air, penghematan kertas (paperless dan less paper), manajemen sampah yang lebih baik, penciptaan lingkungan kantor yang nyaman (penghijauan ruang kantor)

Penanaman rasa tanggung jawab kepada Pegawai di lingkup BKD diwujudkan dengan pembagian kapling taman di sekitar lingkungan kantor dan program jumat bersih. Melakukan aktivitas pembersihan lingkungan secara terjadwal, maka kita akan membiasakan diri disiplin menjaga kebersihan lingkungan.   “Kapling yang sudah ditentukan, menjadi tanggung jawab bidang masing-masing untuk menjaga keindahan dan keasriannya.” Demikian yang selalu ditekankan Ibu Kepala BKD.

Evaluasi terhadap pengelolaan kapling, selalu dilakukan oleh pimpinan tanpa kecuali untuk mewujudkan tanggung jawab penghijauan dan keindahan. Bukan hanya pada saat rapat staf dilakukan evaluasi, Ibu Kepala BKD kerap berkeliling area kantor khusus mengevaluasi kebersihan dan keindahan, bahkan tidak canggung memberi contoh cara perawatan tanaman.